null

Mengenal Brotowali, Tanaman Obat yang Punya Banyak Khasiat

Diposting oleh hnf on 5th Feb 2021

Brotowali merupakan tanaman yang sering tumbuh liar di hutan, ladang, atau ditanam di ladang di dekat rumah. tanaman brotowali dapat digunakan sebagai tumbuhan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. kandungan kimia dari brotowali adalah alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, zat pahit pikroretrin, harsa, berberin, dan palmatin. akar mengandung alkaloid, beberin, dan kolumbin.

Manfaat dan Khasiat Brotowali

tanaman brotowali memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh seperti analgesik, antipretik, antiinflamasi, hipoglikemik, dan melancarkan meridian. batang dari brotowali digunakan untuk mengobati penyakit perut, demam, sakit kuning, dan sebagai obat oles untuk menghilangkan rasa sakit pinggang, obat kudis, malaria, rematik, dan diabetes. 

brotowali dapat meredakan nyeri karena terdapat Senyawa pahit tinokrisposid yang diisolasi dari ekstrak metanol batang brotowali yang merupakan suatu furanoditerpen glikosida. Kandungan dalam brotowali juga membuat tanaman ini mempunyai sifat antipiretikum. Sifat antipiretikum menyebabkan brotowali berkhasiat dalam menurunkan panas atau demam. 

Cara membuat jamu brotowali

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 3 helai daun brotowali, batang 30 gram, dan air 2.000 cc. pertama daun dan batang dibersihkan. Setelah itu, batang dan daun direbus dengan air. Minumlah air rebusannya 1 gelas perhari.

Kini hadir produk herbal dari Tazakka yaitu Tazakka Brotowali 60 Kapsul Obat Diabetes. produk ini merupakan produk asli dari tazakka yang Dibuat dari ekstrak herbal brotowali pilihan dan berkualitas.Tazakka Brotowali diproses secara higienis dan modern serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya.

dapatkan produk di obatherbalpromo.com

sumber: https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/berbagai-manfaat-brotowali/#gref