null
Mengenal Tanaman Tempuyung dan Beberapa Khasiatnya

Mengenal Tanaman Tempuyung dan Beberapa Khasiatnya

Diposting oleh NH23 on 11th Jul 2023

Tempuyung merupakan salah satu tanaman obat yg berkhasiat sebagai pemecah batu ginjal & pelancar air seni. Secara empiris juga bisa digunakan utk penurun asam urat.

Senyawa yang berperan dalam proses pengobatan atau pencegahan kelebihan asam urat yang menggunakan tempuyung adalah senyawa glikosida flavonoid dan flavonoid bebas yang terdapat di dalam tanaman ini. Kedua senyawa tersebut dapat menghambat kerja enzim ksantin oksidase sehingga asam urat tidak terbentuk di dalam tubuh dan senyawa flavonoid akan berikatan dengan kalsium dari batu ginjal membentuk senyawa kompleks kelat yang mudah larut.

Selain mengandung senyawa flavonoid, kedua bahan tumbuhan ini juga banyak mengandung ion-ion natrium dan kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit dalam ginjal. Ion-ion ini akan berikatan dengan asam urat membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air, sehingga asam urat yang telah mengristal di dalam darah dan ginjal akan larut secara perlahan-lahan.

Contoh ramuan batu ginjal (diawasi dokter atau hattra) :

  1. Jenis Jumlah Tempuyung 20 gr (kering)
  2. Kumis kucing 20 gr (kering)
  3. Pegagan 10 gr (kering)
  4. Air 700 cc

Jadwal minum : 3 x 1 gelas, 1 jam sebelum makan, tetap monitor & evaluasi. Cara mengolah : Rebus air bersama 3 sediaan sampai mendidih, kecilkan api dan tunggu 15 menit.