null

Daun Senna Untuk Melancarkan Buang Air Besar

Diposting oleh EK on 2nd Aug 2019

Daun Senna atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cassia angustifolia merupakan obat tradisional yang sering digunakan sejak berabad-abad lalu. Di China, tanaman ini dikenal dengan nama fan xie ye, sedangkan dalam bahasa sansekerta dikenal sebagai rajavriksha "King of Threes". Tanaman ini sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh benua kecuali Eropa. Sebagian besar varietas berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Bagaian tanaman yang sering digunakan adalah daun dan biji. Penggunaan secara tradisional biasanya dengan direbus atau direndam dalam air panas atau hangat. Senna memiliki manfaat utama yaitu melancarkan buang air besar. Lancarkan BAB dengan Molax BAB 90 Pil

Berdasarkan penelitian pada tahun 1999 oleh Valverde A, Hay JM dan Fingerhut A dari Asosiasi Riset Bedah Perancis, menemukan bahwa uji klinik pada 523 pasien menunjukkan ekstrak senna lebih baik dalam membersihkan usus dan mengurangi masalah saluran usus jika dibandingkan dengan PEG (Polyethylene Glycol). Lalu ada penelitian lagi pada tahun 1991 dari Department of Medicine, Gastroenterology Unit, Universitas Cologne, Germany yang melakukan uji klinik pada 121 pasien untuk membandingkan antara penggunaan ekstrak senna dan Polyethylene Glycol Electrolyte Lavage Solution (PEG-ELS) dengan penggunaan PEG-ELS saja pada terapi pemeriksaan detail pada usus.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak senna lebih baik dalam membersihkan kotoran pada usus dibandingkan menggunakan PEG-ELS saja. Penelitian lain pada tahun 1998 dari Health Care Distric 4, Madrid Spanyol melakukan penelitian terhadap 91 pasien kanker yang diobati dengan opioid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan obat pencahar yang sesuai untuk pasien kanker yang diobati dengan menggunakan obat golongan opioid. Ditemukan bahwa penggunaan senna sama baiknya dengan penggunaan laktulose (jenis karbohidrat). Hasil penelitian menganjurkan penggunaan senna karena biayanya yang lebih murah, lebih praktis, dan lebih aman.

Secara tradisional, tanaman senna dikenal sebagai pencahar kuat, selain itu dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi konstipasi atau sembelit dan dapat melancarkan buang air besar. Dalam perkembangannya senna digunakan untuk cuci usus dan membantu melangsingkan tubuh. Baca juga Manfaat Green Tea sebagai Pelangsing dan Penurun Kolesterol

Cara Mengolah Daun Senna untuk Melancarkan Buang Air Besar

  1. Ambil 1 sendok makan daun senna kering, tambahkan 150 ml air mendidih. Diminum 1 kali sehari selagi hangat, konsumsi dapat diulang selama 7 hari, setelah itu hentikan konsumsi dalam 2 minggu dan dapat diulang kembali sesuai kebutuhan.
  2. Masukkan 3-6 lembar daun senna ke dalam 150 ml air hangat, diamkan selama semalam. Minum segera di pagi hari ketika bangun tidur.

Tips memperlancar buang air besar:

  • Hilangkan kebiasaan menahan keinginan buang air besar karena dapat mengakibatkan gangguan motilitas (kemampuan bergerak secara spontan) dan peningkatan penyerapan air dari feses di dalam usus sehingga feses menjadi keras.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi karena serat dapat mempercepat waktu transit makanan, sejak masuk ke pencernaan hingga keluar sebagai feses.
  • Hilangkan kebiasaan yang tidak baik seperti makan terburu-buru dan makan tidak teratur yang dapat memaksa usus besar menghadapi kebiasaan-kebiasaan yang tidak alami sehingga berakibat sulit buang air besar.

Efek samping Daun Senna:

  • Efek yang tidak diinginkan pada penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan kehilangan elektrolit terutama ion kalium serta dapat menjadi penyebab albuminuria, deposisi pigmen pada lapisan usus dan kerusakan pada mycentric plexus (jaringan disekitar atau pada usus).
  • Penggunaan yang berlebihan (overdosis) dapat menyebabkan kejang perut.
  • Efek samping tidak terjadi bila dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan selama 7 hari, setelah itu pemakaian dihentikan selama 2 minggu, kemudian dapat diulang bila diperlukan.

Dengan kemajuan zaman, daun senna kini sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Obat Herbal Promo juga menyediakan obat herbal dengan bahan dasar daun senna seperti Borobudur Herbal Senna 100 Kapsul, Borobudur Herbal Senna 60 Kapsul.

Literatur:
1. Balai Pengawas Obat dan Makanan. 2007. Acuan Sediaan Herbal. Jakarta. hal. 23.
2. Bown. Deni. 2001. New Encyclopedia of Herbs and Their Uses. Dorling Kindersley. London. hal. 336.
3. Medical Economic Company. 2000. PDR for Herbal Medicines. New Jersey. hal. 684-687.
4. Ody, Penelope. 2000. The Complete Guide Medicinal Herbal. Dorling Kindersley. London. hal 119.