null

Daun Senna Untuk Menurunkan Berat Badan & Mengatasi Sembelit

Diposting oleh EK on 18th Nov 2019

Pohon Senna merupakan pohon tahunan, tinggi pohon dantara 10-20 m (ukuran sedang), selalu hijau, percabangan melebar membentuk tajuk yang padat/rapat dan membulat. Pohon besar dan lebat ini biasanya dimanfaatkan sebagai peneduh pada jalan-jalan lalu lintas, kayunya yang keras, sering dimanfaatkan warga sebagai bahan bakar dapur/ kayu bakar.

Daun Senna yang bewarna hijau kebiruan adalah yang terbaik, sedangkan yang bewarna kuning adalah yang terjelek. ldentifikasi makroskopik dan mikroskopik terdapat antara lain dalam Trease & Evens PharmacognoSy (2002). Daun Senna mempunyai kandungan aktif utama yang merupakan glikosida dimer aglikonnya terdiri dari aloe-emodin dan latau rein. Kadar yang paling besar adalah senosida A dan senosida B, merupakan sepasang isomer yang aglikonnya adalah rein-diantron (senidin A dan senidin B). Kandungan lain yang lebih kecil kadarnya adalah senosida C dan D. Pemanfaatan dari kandungan daun senna juga dimanfaatkan sebagai obat sembelit. Baca juga Mengenal Sembelit atau Konstipasi dan Solusinya

Penelitian Mengenai Daun Senna

  • Valverde A, Hay JM dan Fingerhut A (Peneliti dari Asosiasi Riset Bedah Perancis) tahun 1999 menemukan bahwa uji klinik pada 523 pasien, menunjukkan ekstrak senna lebih baik dalam membersihkan kolon dan mengurangi masalah pada lumen kolon jika dibandingkan dengan PEG.
  • Agra Y. Sacristan A, dan Gonzalez M dari Health Care Distric 4, Madrid, Spanyol tahun 1998 melakukan penelitian terhadap 91 pasien kanker yang diobati dengan oploid. Tujuan penelitian ini untuk menemukan pencahar yang sesuai untuk pasien kangker yang diobati denggan obat golongan opioid. Ditemukan bahwa penggunaan senna sama baiknya dengan penggunaal laktulose. Hasil penelitian menganjurkan penggunaan senna karena biayanya yang lebih murah, lebih proaktis dan aman.

Daun Senna Untuk Menurunkan Berat Badan & Mengatasi Sembelit

Memiliki tubuh langsing semampai dan singset adalah dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Memiliki tubuh idaman bukanlah merupakan perkara mudah. Kita mesti mengupayakannya dengan maksimal dan sekuat tenaga. Mulai dari rajin berolahraga, diet yang ketat, mengkonsumsi obat-obatan dan yang paling ekstrim dilakukan adalah liposuction atau sedot lemak. Hal tersebut bisa jadi disebabkan juga oleh sembelit. Berdasarkan data yang ada, angka kejadian sembelit cukup tinggi. Di Amerika Serikat saja angkanya mencapai 2.500.000 pasien pertahun. Sedangkan di RSCM, berdasarkan penelitian yang dilakukan di ruangan endoskopi selama 7 tahun (1998-2005), tercatat bahwa 9% pasien atau 216 orang pasien telah menjalani endoskopi saluran cerna bagian bawah karena sembelit.

Gejala Konstipasi/Sembelit

  • Memiliki feses yang keras dan sulit untuk dikeluarkan
  • Merasakan rectum (dubur) yang belum sepenuhnya kosong

Tips Untuk Melancarkan Buang Air Besar

  • Hilangkan kebiasaan menahan keinginan buang air besar, karena dapat mengakibatkan gangguan motilitas dan peningkatan penyerapan air dari feses di dalam usus sehingga feses menjadi keras.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi karena serat dapat mempercepat waktu transit makanan, sejak masuk ke pencernaan hingga keluar sebagai feses.
  • Hilangkan kebiasaaan yang tidak baik seperti memaksa usus besar menghadapi kebiasaan-kebiasaan yang tidak alami sehingga berakibat sulit buang air besar.
  • Minumlah kapsul Senna sebelum tidur sebanyak 2 kapsul, ini akan membantu anda untuk buang air besar secara alami.

Menurunkan Berat Badan & Mengatasi Sembelit dengan Senna dari Borobudur Herbal



Kesulitan buang air besar merupakan salah satu gangguan pencernaan hingga mengganggu kesehatan, penyakit gangguan pencernaan kesulitan BAB atau Sembelit. Meski terbilang penyakit sederhana tapi sembelit termasuk masalah kesehatan yang cukup serius bila tidak ditangani segera maka akan menganggu kesehatan lainnya. Biasanya sembelit disebabkan karena feses sulit keluar dan berubah menjadi mengeras sehingga sembelit dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut.

Salah satu saran untuk mengatasi sembelit adalah dengan benyak mengkonsumsi makanan yang berserat, banyak minum air putih. Cara alami yang efektif adalah dengan mengkonsumsi herbal Senna dari jamu Borobudur. Kandungan zat aktif sennoside memiliki efek laxative yang dipercaya sebagai efek obat pencahar dalam mengatasi sembelit dan mengatasi kanker usus. Khasiat lain dari senna juga dapat membantu melangsingkan tubuh. Pasalnya setiap orang mendambakan tubuh ideal, apalagi wanita yang sensitive terhadap berat badan karena mereka ingin tampil cantik dan langsing. Memang bukan hal yang mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Menurunkan berat badan tentu harus dengan cara yang aman. Maka dari itu konsumsi kapsul herbal Senna setiap hari secara teratur. Senna dari Borobudur Herbal diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya.