null

Insomnia? Ini Penyebabnya!

Diposting oleh RK on 10th Jun 2019

Insomnia adalah kondisi di mana Anda merasa sangat sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat Anda sama sekali tak bisa tidur, bahkan ketika Anda ingin tidur. Jika memiliki gangguan tidur ini, Anda biasanya akan bangun tidur dalam keadaan lelah. Akibatnya, aktivitas Anda di esok harinya akan terganggu. Gangguan tidur memiliki dua tipe, yaitu tipe primer dan sekunder. Tipe primer menandakan bahwa insomnia sebagai penyakit, yaitu muncul dengan sendirinya tidak terkait dengan kondisi medis apa pun. Sementara tipe sekunder menandakan sebagai gejala yang muncul akibat adanya kondisi medis lain. Selain itu, gangguan tidur ini juga dibedakan berdasarkan intensitasnya, yaitu akut dan kronis. Insomnia akut terjadi dalam jangka pendek. Ini berlangsung dari satu malam hingga atau dalam beberapa minggu, hanya saja gejalanya datang dan pergi. Sementara insomnia kronis bisa bertahan lebih lama, yaitu tiga malam seminggu, sebulan, atau lebih dan hampir dirasakan setiap malam.

Apa saja tanda-tanda dan gejala insomnia?

Gangguan tidur ini memang ditandai dengan kesulitan untuk tidur. Namun, ada gejala lainnya yang menyertai. Tanda dan gejala insomnia yang umum terjadi, meliputi:

  • Kesulitan untuk memulai tidur di malam hari
  • Sering terbangun di tengah malam atau bangun sangat pagi
  • Bangun tidur dengan tubuh yang lelah
  • Mengantuk dan kelelahan di siang hari
  • Lekas marah, depresi, atau cemas/gugup
  • Masalah dalam memperhatikan, sulit fokus pada tugas-tugas, dan sulit mengingat
  • Sakit kepala dan kepala terasa tegang
  • Rasa tertekan di perut dan usus
  • Kekhawatiran tentang tidur

Apa penyebab insomnia?

Stres
Semua hal yang Anda khawatirkan dalam hidup Anda, seperti pekerjaan, sekolah, kesehatan, atau keluarga dapat membuat pikiran Anda terlalu aktif untuk tidur di malam hari.

Kecemasan

Sama halnya seperti stres, rasa cemas dan takut membuat Anda tidak tenang. Pada kondisi ini, otak akan aktif karena memikirkan berbagai macam hal, contohnya kemungkinan buruk yang akan terjadi. Ini dapat mengganggu tidur Anda.

Kebiasaan Tidur Yang Buruk
Kebiasaan tidur yang buruk sering kali membuat Anda kekurangan tidur. Ini bisa terjadi akibat Anda bermain ponsel atau melakukan beberapa kegiatan fisik sebelum waktu tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman.

Kafein dan Alkohol
Minuman yang mengandung kafein dapat membuat Anda jadi lebih waspada. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk memejamkan mata jika diminum pada sore atau malam hari. Sementara alkohol mencegah tahapan yang lebih dalam dari tidur dan sering menyebabkan Anda terbangun di tengah malam.

Kebanyakan Makan
Makan banyak sebelum tidur membuat Anda merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring, sehingga sulit untuk tidur. Anda juga dapat mengalami mulas karena naiknya aliran asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan.

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

Mengonsumsi Obat Herbal
Dengan mengonsumsi obat herbal, dapat membantu mringankan gangguan sukit tidur. Namun, jangan sembarang untuk membeli obat tersebut. Minumlah Deltomed Herbana Balance Madia Good Night 10 Kaplet, obat herbal alami yang bermanfaat untuk membantu meringankan gejala sulit tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Diramu dari ekstrak tanaman herbal pilihan seperti jahe, daun sembung, biji pala, daun mint, valerian dan kulit kayu pule yang berkualitas. Jahe berkhasiat menghangatkan badan dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Daun sembung dan kulit pule berkhasiat untuk meredakan perut kembung. Daun po'o/mint membantu meringankan gejala susah tidur. Biji pala, Passion Flower Extract, dan ekstrak valerian memberikan efek sedatif (perasaan tenang) serta meringankan gejala susah tidur. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Source:

https://damisariwana.com/news/insomnia--ini-penyeb...

https://hellosehat.com/penyakit/insomnia/