null

Ketahui Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Diposting oleh hnf on 10th Feb 2021

Insomnia adalah gejala dimana seseorang mengalami susah tidur dan bahkan tidak bisa tidur sama sekali. pada gangguan penyakit ini penderita akan merasa lelah saat bangun tidur sehingga akan menyebabkan aktivitas menjadi terganggu. ada dua tipe pada gangguan tidur yaitu tipe primer dan tipe sekunder. pada tipe primer yaitu gangguan tidur tersebut muncul dengan sendirinya tanpa ada bawaan dari kondisi medis apapun, sedangkan tipe sekunder yaitu gangguan tidur tyang muncul akibat kondisi medis lain.

Apa Penyebab Insomnia ?

1. Stress

stress dapat memicu insomnia, terlalu banyak pikiran seperti masalah pekerjaan,sekolah, bisnis dapat membuat pikiran menjadi aktif untuk tidur di malam hari

2. Cemas

Sama halnya seperti stres, rasa cemas dan takut membuat tidak tenang. Pada kondisi ini, otak akan aktif karena memikirkan berbagai macam hal, contohnya kemungkinan buruk yang akan terjadi. Ini dapat mengganggu tidur Anda.

3. Cafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein dapat membuat Anda jadi lebih waspada. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk memejamkan mata jika diminum pada sore atau malam hari. Sementara alkohol mencegah tahapan yang lebih dalam dari tidur dan sering menyebabkan Anda terbangun di tengah malam.

4. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk sering kali membuat Anda kekurangan tidur. Ini bisa terjadi akibat Anda bermain ponsel atau melakukan beberapa kegiatan fisik sebelum waktu tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman.

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia ?

1. Rutin Berolahraga

Olahraga menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Aktivitas fisik ini membuat Anda lebih waspada, mempercepat metabolisme, dan mengurangi stres.  olahraga dapat dilakukan secara rutin, yaitu 30 menit sebanyak 5 kali seminggu di pagi hari. 

2 Hindari Kafein dan Alkohol

Kafein memang menjadi andalan untuk mengatasi kantuk. Makanan atau minuman yang mengandung kafein jika diminum tidak pada waktu yang tepat, misalnya kurang dari 4 jam menjelang waktu tidur bisa menyebabkan insomnia.

Begitu juga dengan alkohol. Minuman ini bisa membuat Anda terus buang air kecil di tengah malam sehingga Anda jadi tidak tidur dengan nyenyak. Jika Anda sedang mengalami insomnia atau tidak ingin mengalaminya, hindari dua jenis minuman ini. 

3. Hindari Stress

Stres, cemas, dan takut membuat otak Anda menjadi aktif. Hal ini terjadi karena pikiran Anda tersita untuk memikirkan masalah dan kemungkinan buruk yang akan terjadi. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk memejam mata.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk memperbaiki kualitas tidur perlu menerapkan pola tidur yang baik. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan, meliputi:Buat jadwal waktu bangun dan tidur yang sama secara rutinTidak bermain gadget atau nonton tv menjelang tidur, Pastikan Anda membersihkan tubuh sekaligus buang air kecil sebelum tidur, Jangan lupa matikan lampu sebagai sinyal pada tubuh bahwa waktu sudah malam dan Anda perlu tidur Buat diri Anda nyaman dengan kebersihan kamar, posisi bantal, dan suhu kamar yang tepat

5. Konsumsi Obat Herbal

Insomnia dapat diatasi juga dengan mengkonsumsi obat herbal yang dibuat dari bahan-bahan alami sehingga memiliki khasiat untuk menghilangkan susah tidur. 

Kini hadir produk dari Herbana yaitu Herbana Balance Media Good Night 10 Kaplet Meringankan Susah Tidur. Diramu dari ekstrak tanaman herbal pilihan seperti jahe, daun sembung, biji pala, daun mint, valerian dan kulit kayu pule yang berkualitas. Jahe berkhasiat menghangatkan badan dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Daun sembung dan kulit pule berkhasiat untuk meredakan perut kembung. Daun po'o/mint membantu meringankan gejala susah tidur. Biji pala, Passion Flower Extract, dan ekstrak valerian memberikan efek sedatif (perasaan tenang) serta meringankan gejala susah tidur.

Dapatkan produk di obatherbalpromo.com