null

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Diabetes

Diposting oleh Obat Herbal on 23rd May 2018

Jambu biji atau jambu klutuk merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji atau Psidium guajava memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buahnya yang berwarna putih atau merah. Buah jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin C. Selain memiliki banyak kandungan vitamin C, buah jambu biji juga mengandung banyak serat sehingga cocok sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Daging jambu biji yang berwarna merah memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada jambu biji salah satunya adalah asam askorbat atau vitamin C. Terdapat 126 miligram vitamin C dari 90 miligram asam askorbat yang diperlukan untuk orang setiap harinya dalam buah jambu biji.

Selain daging buahnya, jambu biji juga memiliki daun yang memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan daun jambu biji menjadi favorit bidang farmasi untuk menggunakannya sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Manfaat yang paling terkenal dari daun jambu biji adlaah sebagai obat diare. Daun muda jambu biji biasanya sering digunakan sebagai obat tradisional di negara-negara tropis. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dari daun jambu biji:

  • Senyawa polifenol
  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Tanin
  • Saponin
  • Eugenol
  • Senyawa Aktif Lainnya


Manfaat Daun Jambu Biji untuk Mengobati Diabetes

Diabetes dapat diobati dengan bantuan daun jambu biji karena secara alami daun jambu biji dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah tanpa menaikkan kadar insulin. Terlebih lagi, sama sekali tidak ada efek samping jika ekstrak daun jambu biji digunakan untuk obat diabetes. Pada sebuah jurnal penelitian "Nutrition and Metabolism" disebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat memblokir alpha-glucosidase, enzim yang memecah pati dan karbohidrat lain menjadi glukosa dari bereaksi. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan ekstrak daun jambu biji dengan voglibose, yang lebih umum digunakan untuk pengobatan diabetes. Namun, hasil membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki hasil lebih ringan untuk menyembuhkan diabetes dibandingkan dengan voglibose.

Daun jambu biji secara efektif dapat mengobati diabetes jika dibuat menjadi teh. Teh daun jambu biji tersedia di beberapa produsen obat herbal atau anda bisa membuatnya sendiri. Anda bisa merebus beberapa daun jambu biji dengan air secukupnya dan meminum air rebusannya sehari dua kali secara rutin.

Manfaat lain dari Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

  • Membantu menurunkan berat badan

    Daun jambu biji dapat mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula. Untuk menurunkan berat badan karbohidrat harus dipecah di hati untuk digunakan oleh tubuh dan mengubah karbohidrat yang sama lagi menjadi senyawa bermanfaat lainnya. Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Tepat
  • Menyembuhkan diare

    Daun jambu biji juga mengandung sifat anti-bakteri yang menghentikan pertumbuhan mikroba lebih lanjut dalam sistem usus dan membuat area lebih steril. Dua penyakit pencernaan umum yang dapat disembuhkan dengan bantuan ekstrak daun jambu biji adalah disentri dan diare.
  • Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

    Dengan kandungan antiseptiknya, daun jambu biji dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Cara penggunaannya yaitu dengan cara membalurkan tumbukan daun jambu biji pada jerawat atau bintik hitam di wajah. Lalu tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan metode ini secara teratur jika ingin hasil yang maksimal.
  • Sebagai anti-aging

    Kandungan antioksidan dalam daun jambu biji dapat menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit , sehingga akan melindungi kulit dari penuaan, serta meningkatkan warna kulit dan tekstur. Rebusan daun jambu biji matang dapat diterapkan pada kulit untuk mengencangkan kulit.
  • Sebagai obat alergi dan gatal

    Gatal kulit dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Daun jambu biji merupakan obat instan untuk menyingkirkan gatal karena mengandung alergi memblokir senyawa.

Referensi : 

drhealthbenefits

wikipedia