null

Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

Diposting oleh Obat Herbal on 23rd Apr 2018

Salam merupakan pohon yang menghasilkan daun rempah yang biasa digunakan dalam masakan di Indonesia. Tumbuhan dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki ukuran pohon sedang dengan tinggi hingga 30 m. Kulit batang berwarna coklat abu-abu dan bersisik. Daunnya tunggal berhadapan dengan helai daun berbentuk lonjong.
Daun salam umumnya digunakan sebagai bumbu rempah, baik untuk masakan daging, ikan, dan sayur mayur. Daun salam dapat dicampurkan dalam keadaan utuh, kering, segar dan dimasak hingga masakan matang. Di dapur, daun salam biasa diasangkan dengan lengkuas.

Daun salam sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak dulu. Biasanya daun salam digunakan sebagai obat sakit perut dan untuk menghentikan buang air besar yang berlebihan.

Manfaat Daun Salam untuk Darah Tinggi

Daun salam dapat digunakan sebagai obat untuk penderita tekanan darah tinggi karena memiliki senyawa aktif di dalam nya yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Daun salam mengandung minyak atsiri yang mana di dalam minyak tersebut di temukan senyawa saponin, triterpen, flavonois, tanin, polifenol dan juga alkaloid. Senyawa flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang dapat mencegah oksidasi dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Flavonoid yang terkandung dalam daun salam juga dapat mencegah darah tinggi bagi yang belum terkena, menurunkan kadar kolesterol dan juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan asam urat.Baca juga Baca juga Daun Salam, Tidak Hanya Sebagai Penyedap Masakan

Cara Mengolah Daun Salam Untuk Obat Darah Tinggi dan Kolesterol
Anda bisa membuat obat darah tinggi dari daun salam dengan cara merebusnya. Langkah-langkahnya sangat mudah, anda hanya perlu daun salam dan air.

  • Siapkan 40 gram daun salam, cuci bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel.
  • Rebus bersama air kira-kira sebanyak 800 cc air.
  • Tunggu hingga air menguap dan menyisakan setengah dari air rebusan awal.
  • Minum rebusan air daun salam pada waktu pagi dan sore.
  • Lakukan secara rutin hingga tekanan darah normal.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari daun salam, bukan hanya untuk obat darah tinggi dan kolesterol. Daun salam juga digunakan untuk mengobati diare, karena memiliki kandungan tannin yang tinggi. Penelitian dilakukan oleh dosen farmasi ITB, Kusnandar. Beliau mengatakan bahwa manfaat daun salam juga mampu mengatasi diabetes mellitus dan Asam Urat. 

Meski masih dalam tahap uji klinis pra, atau uji coba pada percobaan hewan, tetapi terbukti bagaimana daun salam dapat menurunkan tingkat tekanan darah ke titik ringan hingga normal, jika dikonsumsi secara teratur. Penelitian tentang khasiat daun salam dilakukan di Sekolah Farmasi ITB. Penelitian ini diterbitkan dalam Proceedings of the Scientific IAI pada tahun 2010.

ObatHerbalPromo juga menyediakan herbal berbahan dasar daun salam. Salah satunya adalah Griya Herba Teh Celup Daun Salam

Griya Herba Teh Celup Daun Salam merupakan salah satu teh herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Terbuat dari daun salam yang dipadukan dengan daun teh pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat. Daun salam memiliki rasa kelat dan wangi, mengandung zat aktif seperti minyak asiri dan tanin yang dapat merangsang sirkulasi darah sehingga mengurangi terjadinya pengendapan lemak di pembuluh darah.

Griya Herba Teh Celup Daun Salam dikemas dalam kantong teh celup sehingga kemasannya menjaga kesegaran dan kenikmatan rasanya. Diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar di Dinas Kesehatan sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Griya Herba Teh Celup Daun Salam praktis bisa langsung diseduh, sangat cocok bagi Anda yang tidak suka obat herbal dalam bentuk pil/kapsul. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Jika anda ingin melakukan pemesanan silahkan hubungi kami via WhatsApp +6281 998 998 000 atau langsung melakukan pemesanan disini.