null

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Diposting oleh Obat Herbal on 11th Jun 2018

Sambiloto merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia tropika. Disebarkan dari India ke selatan sampai di Siam, ke timur hingga semenanjung Malaya, lalu sampai di Jawa. Sambiloto biasa dikenal sebagai tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambiloto memiliki ciri dengan tingginya mencapai 90 cm. Tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Dengan kandungan berbagai macam zat seperti andrographon, andrographosterin, homoandrographolide, diterpen lactone, dan andrographan, Sambiloto memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari Sambiloto. Baca juga Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

1.) Mencegah infeksi


Sambiloto memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, antimikroba, antihiperglikemik, hepatoprotektif dan antihypoglycemic. Kandungan andrographolide-nya menurunkan gejala pilek, radang, sinusitis dan rheumatoid arthritis.

2.) Mencegah kanker


Ekstrak Sambiloto dapat mencegah pembentukan kanker. Sambiloto memiliki sifat antioksidan yang bertindak sebagai penangkap radikal bebas. Selain itu tumbuhan ini dapat mengatur epigenetik dan genetik yang menampilkan efek chemoprotective. Baca juga Bawang Putih sebagai Obat Alami untuk Mengobati Kanker

3.) Membantu Mengobati Hepatitis

Sambiloto telah terbukti memperbaiki gejala pada pasien dengan hepatitis (kondisi inflamasi yang mempengaruhi hati).

4.) Anti-peradangan

Senyawa andrografolida dalam Sambiloto memiliki sifat anti-inflamasi. Ekstraknya digunakan untuk menyelidiki manfaat dan kerugian saat menggunakan untuk mengobati peradangan tubuh.

5.) Mengobati diabetes

Diabetes telah menjadi penyakit yang umum di dunia. Studi ini menunjukkan bahwa ekstrak tanaman yang berasal dari India ini dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Sambiloto dapat membantu untuk mengobati diabetes tipe 2, hipertensi, kenaikan berat badan dan penekanan kekebalan tubuh. Ekstrak tanaman sambiloto berfungsi untuk menyerap glukosa dalam sel-sel lemak.

6.) Mencegah malaria

Penelitian menunjukkan bahwa sambiloto dapat menetralkan parasit malaria secara efektif. Sambiloto dapat dicampur bersama dengan kurkumin untuk mencegah pembentukan malaria. Baca juga Obat Herbal untuk Malaria

7.) Sebagai Anti-mikroba

Studi ini menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto memiliki sifat antimikroba. Dengan demikian dapat membantu mengelola mikroba dengan menurunkan pH larutan pengawet. Studi ini menunjukkan sifat antimikroba yang membutuhkan tes. Ekstrak daun sambiloto bertindak sebagai biosida untuk mengelola mikroba.

8.) Membantu untuk mengobati masalah diare akut
9.) Mengobati infeksi saluran pernapasan
10.) Mengobati radang kulit
11.) Mempercepat penyembuhan luka serta infeksi bakteri
12.) Sebagai obat penurun panas
13.) Mengobati keluhan hati, sembelit, kolik, kolera, diare, disentri, dispepsia
14.) Sebagai obat gigitan ular dan kalajengking
15.) Membantu menyembuhkan infeksi pernapasan seperti sinusitis dan pilek biasa.
16.) Mengobati influenza, bronkitis, demam dan radang amandel.
17.) Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, infeksi saluran kencing dan diare akut.
18.) Mengobati kolera dan lepra.
19.) Membantu perawatan untuk infeksi kulit, bisul, kudis dan tambalan.