null

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Diposting oleh Obat Herbal on 4th Jun 2018

Orthosiphon Aristatus atau yang dikenal sebagai kumis kucing adalah spesies tumbuhan dalam famili Lamiaceae / Labiatae. Tanaman ini berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke benua Asia dan benua Australia. Kumis kucing merupakan tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti kidney tea plants/java tea (Inggris), di daerah Sumatera disebut "Giri-giri marah", Remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), dan Songot koneng (Madura). Tanaman ini tidak mudah dirusak oleh hama. Baca juga  Khasiat dan Pembudidayaan Kumis Kucing


Alasan mengapa tanaman ini disebut kumis kucing adalah karena bunganya menyerupai kucing kumis. Kumis kucing terkenal sebagai tanaman hias. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jamu oleh orang Indonesia. Dalam dunia medis, Kumis kucing efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kandungan Nutrisi dari Kumis Kucing

Penelitian menunjukkan bahwa Orthosiphon Aristatus/ Kumis kucing kaya akan kandungan nutrisi berikut:
- flavonoid,
- calium,
- asam rosmarinic,
- Eupatorin,
- Sinensetin,
- tangeritine dan
- asam caffeic.

Manfaat Kesehatan Daun Kumis kucing

  • Mengatasi sakit punggung

Dengan mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing, sakit punggung akan berkurang secara perlahan. Selain itu, lakukan beberapa latihan sederhana seperti jogging.

  • Melancarkan buang air kecil

Kumis Kucing terbukti baik dalam melancarkan buang air kecil terutama untuk para lansia. Hampir semua lansia mengalami masalah dengan aliran urin yang lemah. Mengkonsumsi Kumis kucing mungkin dapat menjadi solusi yang baik.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan makan yang tidak teratur. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi atau lemak. Untuk mengembalikan tingkat normal tekanan darah, anda dapat mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing yang direbus dalam air. Baca juga Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

  • Menyembuhkan rematik dan peradangan sendi

Kumis kucing mengandung kalsium tinggi, oleh karena itu sangat cocok untuk menyembuhkan rematik dan peradangan sendi. Rematik dapat disebabkan oleh masalah kekebalan yang menyerang jaringan sendi. Itu mempengaruhi tulang rawan kita dan menyebabkan rasa sakit. Rematik dapat disembuhkan secara tradisional atau medis. Dengan cara tradisional yaitu meminum rebusan air daun kumis kucing.

  • Membantu mengobati penyakit sifilis

Penyakit yang menyerang organ genital biasanya disebabkan oleh bakteri atau kuman yang mungkin ditularkan saat berhubungan seks atau karena banyak pasangan seksual. Sifilis dapat menyebabkan nyeri pada organ genital. Untuk menyembuhkan sifilis dengan Kumis kucing, minumlah air rebusan daun kumis kucing minimal satu hingga dua kali sehari.

  • Obat untuk asam urat

Beberapa orang meremehkan asam urat dan mengabaikannya ketika mereka merasakan gejalanya. Namun, tahukah anda bahwa itu mungkin dapat menjadi ancaman bagi anda? Jangan pernah mengabaikannya hingga anda menderita komplikasi serius. Dengan meminum air rebusan daun kumis kucing dapat menyembuhkan asam urat. Baca juga  Manfaat Daun Sukun sebagai Obat Herbal Asam Urat

  • Baik untuk alergi

Alergi terjadi karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Minum air rebusan daun kumis kucing mungkin baik untuk menyembuhkan alergi.

  • Menurunkan kadar gula darah

Kumis kucing dapat menurunkan kadar gula dalam darah kita dan membantu insulin mengendalikannya. Baca juga Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan


Efek samping dari Kumis Kucing

Mengkonsumsi Kumis Kucing dalam jumlah tinggi di atas dosis yang relevan dapat menyebabkan sakit perut, masalah pernapasan, tekanan darah rendah, dan alergi. Dengan demikian, kumis kucing tidak cocok bagi wanita hamil. Calium yang ditemukan di dalamnya adalah masalah utama bagi wanita hamil. Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat Daun Kumis kucing untuk Kesehatan.


Sumber : drhealthbenefits, Wikipedia