null

Manfaat Kesehatan Daun Patikan Kebo

Diposting oleh RK on 13th Jun 2019

Daun patikan kebo adalah sejenis daun dari rumput liar yang banyak ditemukan di sekitar sawah, kebun, atau ladang yang sudah tidak lagi digarap. Rumput ini memiliki banyak sebutan, lain daerah lain juga penyebutannya. Masyarakat Jakarta menyebutnya dengan suket kebo, sedangkan di Halmahera, daun ini disebut dengan sosononga. Daun yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga sudah merambah di Filipina sebagai daun herbal untuk mengatasi demam berdarah. Daun patikan kebo memiliki ciri khas dengan tanamannya yang menjalar hinggan mencapai ketinggian 25 cm. Daunnya berukuran kecil hijau dan sedikit lebar. Batang tanamannya berwarna ungu kecokelatan. Jika Anda mematahkan batangnya, maka Anda akan menemukan getah berwarna putih dengan tekstur yang encer. Daun patikan kebo mengandung senyawa tanin, glukosa, asam forbat, asam melisat, jambulol, sterol, glicosida, flavonoid, dan eufosterol. Baca juga Manfaat Kesehatan Daun Saga.

Apa saja manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan?


Melancarkan saluran kemih
Khasiat daun patikan kebo untuk kesehatan yang pertama yaitu melancarkan saluran kemih. Selain susah BAB, penyakit lainnya yang sering menyerang adalah kesulitan dalam buang air kecil. Anda bisa mencoba khasiat daun ini untuk menyehatkan saluran kemih. Cara pengolahannya, ambil daun patikan kebo ditambah air secukupnya lalu direbus. Minum air rebusan 2-3 kali sehari.

Obat batuk
Khasiat daun patikan kebo sebagai obat herbal mampu mengatasi batuk, baik itu batuk berdahak maupun tidak berdahak. Kandungan senyawa dalam daun ini akan secara aktif melegakan tenggorokan dan mengeluarkan dahak. Cara pengolahannya yaitu dengan menumbuk daun patikan kebo, beri sedikit air matang, peras, lalu ambil airnya. Tambahkan madu murni kemudian minum ramuan 3-4 kali sehari.

Meredakan gatal pada kulit
Khasiat daun patikan kebo untuk kulit dapat dijadikan obat oles untuk kulit yang gatal. Gatal pada kulit bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari alergi sampai dengan gigitan serangga. Gunakan daun spesial ini di bagian kulit Anda yang terasa gatal. Cara pengolahannya, ambil daun patikan kebo segar 90 gr ditambah 500 ml alkohol 70%. Kemudian rendam 3-5 hari. Gunakan dengan cara mengoleskan ramuan pada bagian kulit yang gatal.

Mengobati flu
Daun patikan kebo juga ampuh untuk mengatasi flu. Kandungan di dalam daun ini memiliki senyawa yang bisa mengusir virus yang ditularkan dan menyebabkan datangnya flu. Cobalah manfaat daun ini dengan rutin setiap Anda terkena flu. Cara pengolahannya, 1/3 genggam daun Patikan Kebo dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan air matang 3/4 cangkir dan madu 1 sendok makan. Peras dan saring airnya diminum 2 kali sehari.

Menghentikan pendarahan
Khasiat daun patikan kebo yang cukup penting yaitu sebagai daun yang mampu menghentikan pendarahan. Daun ini bermanfaat untuk menahan keluarnya darah terus menerus dari luka maupun dari gejala mimisan pada hidung. Cara pengolahannya, rebus 60 - 90 gr daun patikan kebo segar, kemudian diminum sampai habis.

Obat radang usus
Peradangan pada tubuh juga bisa terjadi pada bagian dalam tubuh, seperti usus. Organ pencernaan yang satu ini bisa sering terjangkit radang karena fungsinya adalah mengolah makanan yang Anda makan. Untuk itu, Anda perlu menyehatkannya dengan mencoba daun herbal ini. Cara pengolahannya, setengah genggam daun Patikan Kebo dicuci lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Dinginkan lalu disaring. Tambahkan madu secukupnya dan diminum 2 kali sehari.

obatherbalpromo.com juga menyediakan obat herbal untuk mengobati batuk bronkitis berbahan dasar daun patikan kebo yaitu Griya Herba Bronkas 60 Kapsul. Diramu dari ekstrak tumbuhan herbal cakar ayam, kunyit, patikan kebo, sambiloto, dan srigunggu pilihan yang berkualitas. Perpaduan herbal tersebut memiliki khasiat lengkap dalam membunuh virus dan kuman serta kesembuhan pada area tenggorokan penyebab batuk. Cakar ayam kaya akan hemostatic (anti pendarahan), antiodem (anti bengkak), antineoplastic (anti kanker). Mekanisme kerja dalam Bronkas yaitu kandungan antioksidan, antiodem, dan antineoplastic yang berkerja efektif untuk membunuh virus dan kuman penyebab bronkitis dan batuk, memperbaiki tenggorokan yang terasa perih karena batuk, dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan penyebab batuk. Produk Bronkas dari Griya Herba diproses secara modern dan higienis, serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.