null

Manfaat Kulit Manggis sebagai Anti Kanker

Diposting oleh EK on 19th Jun 2019

Kanker disebut juga dengan tumor ganas, yaitu pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal hingga menyebar dan menyerang ke bagian tubuh lainnya. Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia setelah penyakit jantung. Bagaimana orang bisa terkena kanker? Banyak sekali faktor yang berpengaruh dalam munculnya kanker seperti faktor keturunan, kebiasaan hidup, radikal bebas, junk food, sinar ultra violet (UV), dan virus.

Kanker biasanya diberi nama berdasarkan organ yang diserangnya, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker lidah, kanker otak, kanker rahim, kanker serviks, kanker usus, kanker paru-paru, dan masih banyak lainnya. Penyakit mematikan ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan sulit disembuhkan. Untuk penyembuhannya biasanya melalui kemoterapi, operasi, atau kombinasi dari keduanya. Namun, peluang kesembuhannya termasuk rendah dan peluang sel kanker tumbuh kembali sangat tinggi. Pengobatan Kanker seringkali tidak mematikan sel-sel kanker secara keseluruhan. Kemoterapi mendatangkan efek buruk bagi pasien, karena obat yang digunakan tidak bersifat selektif yang artinya hanya mematikan sel-sel kanker, tetapi juga sel-sel yang sehat. Baca juga Manfaat Keladi Tikus Untuk Kanker Dan Kesehatan

Khasiat ekstrak kulit manggis untuk penyembuhan kanker sudah diteliti sejak dulu. Salah satunya peneliti dari China yang bernama Ho dan rekannya pada tahun 2002 menguji ekstrak kulit manggis pada sel kanker hati. Dan hasilnya sel kanker hati berhasil dihambat pertumbuhannya. Lalu ada lagi penelitian Moongkarndi dan rekannya pada tahun 2004 menguji efektivitas esktrak kulit manggis pada sel kanker payudara.

Cara Kerja Ekstrak Kulit Manggis Dalam Penyembuhan Kanker

Senyawa dalam ekstrak kulit manggis bertindak untuk menghambat pertumbuhan sel kanker melalui apoptosis jalur mitokondria. Penghambatan ini akan menyebabkan terjadinya pembengkakan sel, penurunan ATP intraseluler, akumulasi senyawa oksigen reaktif (ROS), dan pelepasan c/AIF sitokrom sel. Akibatnya sel kanker tidak dapat tumbuh dan dengan sendirinya akan mati.

Jenis Kanker yang dapat disembuhkan oleh Kulit Manggis

Berdasarkan penelitian Moongkarndi dan rekan-rekannya pada tahun 2004, sel kanker payudara dapat dimatikan melalui proses fragmentasi oligonukleosmal DNA. Kulit manggis yang diesktrak menggunakan metanol (CH3OH) dengan penggunaan ekstraksi dengan etanol maupun air panas tetap dapat dilakukan. Baca juga Ketahuilah, Ini Penyebab Kanker Payudara!

  • Kanker Darah (Leukimia)

Kanker darah atau leukimia merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan darah putih penderita meningkat melebihi kadar normal. Penyakit ini sulit disembuhkan kecuali dengan cangkok sum sum tulang belakang dari donor yang sesuai. Berdasarkan penelitian Matsumoto dan rekan-rekannya pada tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker leukimia jenis HL60.

  • Kanker Hati

Garcinone E merupakan senyawa turunan xanthone dalam kulit manggis yang mampu mengatasi 6 jenis kanker hati. Hal ini dibuktikan oleh Ho dan rekan-rekannya pada tahun 2002 menggunakan metode MTT.

Pengobatan kanker dengan kulit manggis dapat menggunakan kulit manggis yang segar. Dosis yang dianjurkan adalah 50-100 gram kulit manggis, yang berasal dari 1-2 buah manggis. Kulit manggis direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusan kulit manggis dapat diminum 3 kali sehari yaitu pada pagi, sore, dan malam hari. Minum secara rutin dan minum dalam keadaan hangat.

Mastin, Ekstrak Kulit Manggis Untuk Atasi Kanker

Mastin merupakan produk dari Borobudur Herbal, produk ini bermanfaat sebagai antioksidan, anti bakteri, anti kanker dan tumor. Memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan kulit, dan tubuh. Baik dikonsumsi untuk melawan efek penuaan, berperan sebagai anti aging. Produk ini juga bermanfaat sebagai obat untuk sariawan, disentri, hipertensi, anti obesitas, anti virus, antibiotik dan anti jamur, TBC. Kandungan Xanthones dalam Mastin, efektif mendukung daya tahan tubuh. Mastin tersedia dalam kemasan Mastin 100 Kapsul, Mastin 60 Kapsul, dan Mastin 100 Pil.

Sumber: Warisno, Kres Dahana. 2012. Kulit Manggis - Hidup Sehat Berkat Sang Ratu yang Berkhaisat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama