null

Mengatasi Sakit Maag & Asam Lambung dengan Obat Herbal

Diposting oleh EK on 11th May 2019

Sakit maag atau dispepsia merupakan gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Di antaranya adalah luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Gejala Sakit Maag

Sebagian besar sakit maag bersifat ringan dan dapat ditangani tanpa perlu berkonsultasi ke dokter. Namun, segera temui dokter jika sakit maag terjadi secara terus-menerus atau disertai gejala seperti:

  • Muntah
  • Sulit menelan
  • Nyeri ulu hati
  • Berat badan turun tanpa sebab.

Secara garis besar maag terbagi menjadi dua;

  • Gastritis akut

Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya

  • Grastritis kronis

Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Pada tingkat maag sedang akan diringi dengan rasa nyeri disertai mual yang menyakitkan dan dilevel kronis rasa sakit ini semakin menjadi dan lebih sering intensitasnya. Bahkan pada taraf maag yang parah bisa menyebabkan kematian penderitanya.

Pengobatan dan Pencegahan Sakit Maag

Sakit maag ringan akan hilang dengan sendirinya. Adapun sakit maag yang parah dapat diatasi dengan obat-obatan seperti antasida, antibiotik dan antidepresan. Terapi seperti meditasi dan relaksasi juga bisa membantu mengatasi sakit maag.

Sakit maag dapat dicegah dengan cara:

  • Makan secara perlahan, dalam porsi yang kecil.
  • Batasi konsumsi makanan pedas dan berlemak.
  • Kurangi minuman berkafein.
  • Hindari obat-obatan yang menyebabkan nyeri lambung.

Pengobatan Maag & Asam Lambung dengan Obat Herbal

Temulawak atau dengan nama latin Curcuma xanthoriza memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan secara khusus bagi organ pencernaan. Secara empiris orang yang rutin mengkonsumsi temulawak akan terbebas dari sakit maag. Selain temu awak, ada tumbuhan yang terbukti ampuh mengobati sakit maag dan gangguan pencernaan yaitu kunyit, yang sering disebut Curcuma longa. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk lambung, seperti; membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung, merangsang serta melepaskan lebihan gas di usus. Tak kalah berkhasiat, tanaman kunci pepet atau sering orang menyebutnya temu rapet (Kaempferia rotunda L.), atau lebih populer dengan istilah kunir putih memiliki beragam khasiat, seperti mengatasi radang dan infeksi lambung, memperkuat dinding mukosa lambung, mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum. Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal Asam Lambung

Formulasi sediaan alam berupa temulawak, kunyit, dan kunci pepet terdapat di dalam tiap kapsul ekstrak Naturemag yang berkhasiat luar biasa untuk mengatasi segala gangguan maag dan keluhan pencernaan. Griya Herba NatureMag direkomendasikan bagi Anda yang mememiliki keluhan maag dan gangguan pencernaan.

Tiap kapsul obat herbal NatureMag mengandung ekstrak: Curcuma domestica rhizoma, Curcuma xanthoriza rhizoma, dan Kaempferia rotunda yang setara dengan 0,25gr dan direkomendasikan untuk diminum 2 x3 kali sebelum makan bagi penderita maag ringan dan dosisnya bisa ditingkatkan dengan rekomendasi konsultan ahli kami.

Khasiat Griya Herba NatureMag

  • Membantu memelihara kesehatan lambung,
  • Mengurangi rasa nyeri di lambung yang mengiringi maag,
  • Mampu mengatasi gejala sakit maag dan gangguan pencernaan.

Percayakan keluhan maag dan asam lambung Anda hanya dengan obat herbal berkualitas Griya Herba NatureMag

Sumber:
https://www.alodokter.com/sakit-maag
https://griya-herba.com/2018/09/14/maag-dan-solusi...
https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung