null

Manfaat Kesehatan Daun Jambu Biji

Diposting oleh EK on 23rd Apr 2019

Daun jambu biji sudah dikenal lama sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan. Daun jambu biji kaya akan antioksidan, agen anti-inflamasi, antibakteri, dan bahkan tanin. Oleh karena itu daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati masalah perut seperti diare hingga penyakit kronis seperti kanker. Dalam pemanfaatannya kalian bisa mengolah daun jambu biji menjadi teh. Berikut ini manfaat kesehatan daun jambu biji:

  • Sebagai Anti Peradangan

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun jambu biji, berkontribusi untuk melindungi tubuh terhadap penyakit. Vitamin C menstimulasi aktivitas imunitas dan bertindak sebagai antiinflamasi. Kemudian, dengan bertindak sebagai antiinflamasi, bermanfaat untuk mengurangi peradangan tubuh. Karena itu, daun jambu biji dapat mencegah risiko penyakit seperti pilek, flu, radang sendi, dan asma. Dengan demikian daun jambu biji juga dapat membantu mengobati peradangan.

  • Mengobati Diare

Salah satu manfaat kesehatan daun jambu biji adalah sebagai anti diare. Ini dapat dilakukan dengan minum teh daun jambu biji, mengambil ekstraknya sebagai kapsul, atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam secangkir air hangat untuk mengatasi diare. Selain itu, berdasarkan penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu menunda timbulnya diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan mengurangi keparahan diare pada tikus-tikus.

  • Sumber Antioksidan

Tahukah kalian bahwa jambu biji mengandung sumber antioksidan yang baik? Daun jambu biji mengandung sumber flavonoid seperti quercetin. Dalam hal ini, kita tahu bahwa nutrisi antioksidan sangat berharga untuk melindungi tubuh terhadap risiko penyakit. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi antioksidan akan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  • Sumber Vitamin C

Diketahui bahwa daun jambu biji mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik yang juga bertindak sebagai antioksidan. Akibatnya, vitamin C memiliki peran dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Ini juga membantu mencegah kehadiran bakteri, virus, dan patogen dalam tubuh. Tidak hanya untuk itu, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Jadi, jika Anda ingin mencapai manfaat vitamin C yang sangat baik, maka mengonsumsi daun jambu biji sebagai pengobatan rumah mungkin merupakan pilihan yang baik.

  • Memelihara Kesehatan Pencernaan

Ternyata daun jambu biji ikut ambil bagian dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh adanya serat dan kandungan indeks glikemik yang rendah. Akibatnya, dapat membantu mencegah sembelit serta mencegah obesitas.

  • Mengobati Pilek dan Batuk

Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati pilek dan batuk. Dengan keberadaan vitamin C dan zat besi yang terkandung di dalamnya, kalian dapat membuat rebusan daun jambu biji untuk menghilangkan batuk dan pilek karena membantu menghilangkan lendir.

  • Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida tanpa efek samping. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba daun jambu biji untuk mengurangi kadar kolesterol Anda? Baca juga Manfaat Daun Sukun sebagai Obat Herbal Kolesterol

  • Memelihara Kesehatan Jantung

Karena daun jambu biji menyediakan antioksidan dan vitamin tingkat tinggi, maka ia dapat melindungi jantung terhadap radikal bebas. Selain itu, kehadiran kalium dan serat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Karenanya, dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk mengurangi kolesterol LDL yang berakibat pada perawatan jantung yang sehat.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah ke Otak

Daun jambu biji dapat membantu Anda meningkatkan fungsi otak. Hal ini disebabkan oleh adanya vitamin B3 dan B6, juga dikenal sebagai niacin dan piridoksin yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Kandungan tersebut membantu meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan sistem saraf otak. Selain itu, adanya kalium dapat memelihara konduktivitas otak untuk membantu menyehatkan kapasitas ingat dan fungsi mental. Baca juga Ginkgo Biloba, Herbal yang Bermanfaat untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

  • Mengobati Diabetes

Manfaat lain dari daun jambu biji adalah kemampuannya mengobati diabetes. Kandungan dalam daun jambu biji dapat membantu mengurangi penyerapan gula dalam darah. Selain itu, berdasarkan studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes tipe 2 berkembang. Baca juga Manfaat Daun Jambu Biji untuk Diabetes

Mengatasi Diare dengan Diarfit dari Griya Herba

Griya Herba Diarfit 60 Kapsul merupakan obat herbal alami yang sangat efektif untuk membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan memelihara kesehatan pencernaan. Diramu dari ekstrak daun jambu biji, habbatus sauda, dan kunyit pilihan yang berkualitas. Zat tanin yang terkandung dalam ekstrak daun jambu biji mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli dan Staphylococcus Aureus yang membantu mengatasi diare terutama yang disebabkan infeksi. Produk Griya Herba diproses secara modern dan higienis serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.