null

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Diposting oleh EK on 10th May 2019

Puasa sangat erat kaitannya dengan bulan Ramadhan dan Muslim walaupun faktanya agama lain seperti Hindu, Budha dan Kristen juga ada puasa. Perlu diketahui bahwa berpuasa dengan kelaparan keduanya sama sekali berbeda. Puasa selama bulan Ramadhan adalah salah satu contoh bagaimana anda melakukan puasa dengan benar. Sebelum puasa dimulai, kita harus sahur. Apa yang harus dimakan selama waktu sahur adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan atau makanan yang kaya karbohidrat, vitamin dan mineral dan serat sehingga kita memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan apa pun hingga waktu berbuka puasa.

Saat ini banyak orang yang melakukan puasa tidak hanya karena alasan iman seperti atlet yang berlatih puasa karena alasan kesehatan dan lain sebagainya. Karena ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Apa saja manfaat puasa bagi kesehatan?

  • Menurunkan Berat Badan

Puasa adalah solusi yang bagus untuk menurunkan berat badan hanya jika Anda melakukannya dengan benar. Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, alih-alih menurunkan berat badan, Anda akan menambah berat badan. Selama puasa, ketika tidak ada gula dari makanan yang masuk ke tubuh Anda di siang hari, tubuh akan menggunakan stok lemak sebagai sumber energi. Lemak yang tidak digunakan akan menyebabkan kenaikan berat badan tetapi selama puasa, tidak ada lemak yang tidak digunakan seperti itu karena semua cadangan lemak akan berubah menjadi energi di siang hari. Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan dengan Obat Herbal

  • Menurunkan Kolesterol

Kemampuan tubuh dalam mengendalikan penurunan berat badan akan berdampak pada penurunan kadar kolesterol. Ada dua jenis kolesterol, pertama adalah LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol 'buruk' dan HDL yang merupakan kebalikannya atau dikenal sebagai kolesterol 'baik'. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa selama puasa tingkat LDL turun secara signifikan, sementara puasa tidak mempengaruhi level HDL sama sekali.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Masalah utama yang biasanya dihadapi oleh penderita diabetes adalah seberapa sulit dalam mengendalikan nafsu makan mereka. Jika seseorang dengan kondisi diabetes tidak dapat mengendalikan nafsu makannya, itu akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang konstan. Namun, selama puasa pasien akan 'dipaksa' untuk mengendalikannya. Awalnya, itu bisa sangat sulit tetapi setelah beberapa waktu tubuh akan menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan bahkan pasien diabetes akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap gula darah mereka. Baca juga Manfaat Daun Pepaya sebagai Obat Herbal Diabetes

  • Mengontrol Tekanan Darah

Dengan berpuasa sebenarnya efektif untuk mengendalikan tekanan darah karena selama puasa berat badan akan berkurang. Kondisi ini akan mempengaruhi penurunan tekanan darah juga. Namun, apa yang Anda makan setelah berbuka puasa juga penting karena apa gunanya berpuasa jika saat Anda makan, Anda menganggapnya sebagai waktu balas dendam.

  • Dapat Mencegah Kanker

Seperti sel-sel lainnya, sel kanker juga membutuhkan sifat tertentu untuk berkembang. Namun, selama puasa, proses ini akan membuat sel-sel kanker kelaparan dan menghentikan mereka dari penyebaran dan mempengaruhi organ-organ lain. Meskipun studi lebih lanjut terkait dengan subjek ini masih diperlukan. Manfaat Kulit Manggis sebagai Anti Kanker

  • Bagus untuk Kulit

Apakah Anda ingin kulit lebih sehat dan lebih cerah terbebas dari jerawat dan keriput? Coba lakukan puasa dan dapatkan semua manfaatnya untuk kulit Anda. Selama puasa, tubuh Anda akan memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dari racun dan pada saat yang sama meningkatkan proses regenerasi sel sambil memperlambat proses degenerasi sel.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam penelitian pada hewan, ketika mereka sakit, naluri binatang akan memberitahu mereka untuk fokus pada istirahat dan berhenti makan. Yah, itu juga berlaku untuk manusia karena selama puasa, Anda memberi istirahat pada sistem internal Anda untuk sementara waktu sehingga tubuh Anda bisa fokus memerangi infeksi. Jumlah radikal bebas juga berkurang selama puasa.

Sumber : <a href="https://drhealthbenefits.com/lifestyle/healthy/healthy-activities/health-benefits-fasting">https://drhealthbenefits.com/lifestyle/healthy/he...</a>